Selasa, 01 April 2014

Tanya:
Selamat siang Dokter. Saya memiliki pertanyaan mengenai mata saya. Kondisi mata saya minus dan sudah memakai kacamata, namun saya hanya memakainya jika saya membutuhkannya. Di rumah, saya jarang memakainya. Pertanyaan saya adalah: Apakah sebaiknya kacamata dipakai terus? Apakah pengaruhnya jika saya hanya sesekali memakai kacamata saya? Berapa bulan sekali sebaiknya saya mengganti kacamata saya? Terima kasih, Dok.

Jawab:
Selamat siang Izza.

Kebiasaan Anda memakai kacamata hanya saat dibutuhkan merupakan kebiasaan yang boleh saja dilakukan, bahkan terdapat beberapa ahli yang menganjurkan tindakan tersebut.

Untuk kondisi minus mata sendiri, hal ini tidak akan bertambah dengan tidak memakai kacamata. Pertambahan minus diakibatkan oleh kebiasaan buruk yang merusak penglihatan yang tetap dilakukan meski sudah berkacamata. Kebiasaan buruk tersebut antara lain membaca, menonton, atau bermain video game dalam jarak yang terlalu sekat dengan mata dan dalam waktu lama tanpa istirahat.

Dalam ukuran normal, penderita minus memang dapat mengalami pertambahan 0,25 – 1,00 per tahun. Hal ini terus terjadi hingga minus tidak lagi bertambah bahkan akan berkurang begitu usia mencapai angka 35 hingga 40 tahun dan digantikan oleh mata plus (rabun dekat) akibat proses penuaan. Untuk mengganti kacamata, cek terlebih dahulu pertambahan minus pada mata. Normalnya, mata dapat mentoleransi perbedaan visus (tajam penglihatan) pada mata dan kacamata hingga 0,5 dioptri. Jika selisihnya sudah melebihi 0,5 dioptri, maka kacamata perlu diganti. Semoga dapat membantu, terima kasih.

Dr. Janfrional, yang berpraktek di Citralife Chiropractic Clinic Jakarta

Sumber: http://www.meetdoctor.com

Tagged:

2 komentar: